Tautan-tautan Akses

'On Air': Rolling Stones Menengok Rekaman Radio Masa Lalu


Dari kiri, Ronnie Wood, Mick Jagger, Charlie Watts dan Keith Richards dari band Rolling Stones tampil di tur 'No Filter' Europe 2017 di U Arena, Nanterre, Perancis, 22 Oktober 2017.

Rolling Stones telah merilis album yang berisi kumpulan lagu-lagu radio yang jarang diputar sebelumnya. Namun Keith Richards mengakui sembari tertawa: "Saya hampir tidak ingat beberapa lagu itu."

Album "Rolling Stones - On Air" dirilis pekan lalu. "On Air" berisi 32 lagu yang diputar antara 1963 dan 1965 di berbagai acara radio BBC, seperti "Saturday Club," "Top Gear" dan "The Joe Loss Pop Show."

"Tahun 1963, 64 adalah masa yang janggal untuk rekaman di London. Beatles dan kami sering bertukar pandang dan mengatakan "Apa yang kalian lakukan besok? Kami akan tampil di acara Joss Loss di Radio BBC' dan kami semua gemetar karena tidak tahu bagaimana cara merekam hal-hal seperti ini," kata Richards.

"Buat saya, hal-hal itu adalah kepingan sejarah yang luar biasa."

Ada delapan lagu yang belum pernah direkam atau dirilis secara komersial.

"On Air" menampilkan lagu-lagu beken Rolling Stones, seperti "(I Can't Get No) Satisfaction" dan lagu-lagu Chuck Berry, termasuk “Roll Over Beethoven,” “Memphis, Tennessee,” “Beautiful Delilah” dan single debut Rolling Stones, "Come On."

"Dia punya segalanya. Lirik lagu, rasa irama. Luar biasa. Saya masih terpesona ketika saya mendengarkan rekaman asli, Chess Records, saat ini. Saya biasanya kembali ke mereka, hanya untuk mengisi," kata Richards berkomentar mengenai Berry, yang meninggal pada Maret.

Pada awal 1960an, anggota Stones termasuk Mick Jagger, Charlie Watts, Brian Jones dan Bill Wyman. Richards mengatakan mereka adalah "band klub yang bisa berkembang hingga ke panggung besar."

Band itu kembali ke akar musik blues tahun lalu dengan merilis "Blue & Lonesome," yang mendapatkan nominasi Grammy untuk album traditional blues terbaik. Mereka sekarang sedang mengerjakan album dengan lagu-lagu ciptaan sendiri.

"Kami sedang memulai pembuatan album baru saat ini. Saya berhubungan dengan Don Was," kata Richard. [fw/au]

XS
SM
MD
LG