Tautan-tautan Akses

Obat Asam Urat Bisa Kurangi Gejala Radang Usus


Sejenis ragi untuk membuat roti bisa hidup dalam usus dan menimbulkan rasa sakit, diare dan kram. (Foto: Ilustrasi)
Sejenis ragi untuk membuat roti bisa hidup dalam usus dan menimbulkan rasa sakit, diare dan kram. (Foto: Ilustrasi)

Obat umum yang telah ada di pasaran AS selama 50 tahun untuk mengobati penyakit asam urat, juga bisa mengurangi gejala gangguan radang usus besar dan penyakit Crohn, kata peneliti Rabu (8/3).

Hasil studi yang dimuat dalam jurnal Science Translational Medicine menunjukkan bahwa sejenis ragi untuk membuat roti bisa hidup dalam usus dan menimbulkan rasa sakit, diare dan kram terkait dengan gangguan usus besar, yang tidak dapat disembuhkan dan diderita oleh sekitar 1,6 juta orang Amerika.

Ragi yang dikenal dengan nama Saccharomyces cerevisiae itu "memperparah kerusakan usus dalam tikus percobaan" dan juga menyebabkan tingkat asam urat yang lebih tinggi di dalam usus, kata laporan itu.

Tetapi ketika tikus-tikus itu diberi allopurinol, obat yang telah dipasarkan sejak tahun 1966 dan digunakan untuk mengobati penyakit asam urat dengan mengurangi jumlah asam urine, penyakit usus mereka sembuh.

Penulis utama studi, June Round dari University of Utah School of Medicine mengatakan, sebagian dokter telah memberi resep allopurinol, yang dikenal dengan nama Zyloprim dan Aloprim dan tersedia dalam bentuk generik, untuk penderita penyakit asam urat dan penyakit Crohn, semacam radang usus, dan mendapati bahwa obat itu meringankan gejala kedua penyakit itu.

Akibat samping obat itu termasuk bercak-bercak di kulit, demam, sakit tenggorokan, muntah dan diare. [ps/isa]

XS
SM
MD
LG