Tautan-tautan Akses

Obama Umumkan Prakarsa Kedua Untuk Ekonomi AS


Presiden Obama berkunjung ke Cleveland, Ohio untuk mengumumkan prakarsa kedua guna menolong ekonomi Amerika.

Presiden Amerika Barack Obama hari Rabu menawarkan lebih banyak usulan untuk mendorong perekonomian dan menciptakan pekerjaan, saat ia mencoba menolong sekutu-sekutu Partai Demokrat agar tidak kehilangan kursi dan kekuasaan dalam pemilu anggota Kongres November mendatang.

Dalam pidatonya di Cleveland – Ohio, Presiden Obama mengusulkan untuk memperluas kredit pajak bagi penelitian dan pengembangan, dengan harapan gagasan baru ini dan produksi akan mendorong perekonomian dalam jangka panjang.

Presiden Obama juga menganjurkan perubahan pajak untuk memberanikan para pebisnis membeli peralatan baru, yang akan membatu perusahaan memperluas operasinya dan mempekerjakan orang-orang baru.

Presiden Obama menentang upaya anggota Partai Republik di Kongres untuk memperluas pemotongan pajak bagi 2 persen pembayar pajak terkaya di Amerika. Menurutnya rencana Partai Republik akan menambah 700 milyar dolar defisit anggaran selama sepuluh tahun mendatang.

Sebelumnya, pada peringatan Hari Buruh di Milwaukee, negara bagian Wisconsin hari Senin, Presiden Obama mengusulkan prakarsa 50 milyar dolar selama 6 tahun untuk membangun kembali jalan-jalan, rel kereta api, dan landasan pacu bandar udara. Presiden sedang menghadapi desakan kuat untuk berbuat lebih banyak guna menciptakan lapangan pekerjaan dan menurunkan angka pengangguran Amerika, yang sekarang mencapai 9,6 persen.

Keadaan ekonomi telah memukul partai Demokrat presiden, yang menguasai kedua majelis Kongres, DPR dan Senat. Menurut angket pendapat umum belakangan ini, mayoritas rakyat Amerika mempercayai partai Republik yang beroposisi lebih mampu menanggulangi masalah ekonomi dan defisit anggaran Amerika yang membubung.

XS
SM
MD
LG