Tautan-tautan Akses

Ekonomi AS Tumbuh dengan Sangat Lamban


Laporan Departemen Perdagangan AS menunjukkan PDB AS tumbuh 1,6 persen selama bulan April-Juni, atau turun 0,8 persen dari taksiran semula.

Laporan baru kemungkinan akan menunjukkan ekonomi Amerika sedang bertumbuh dengan laju yang lebih lemah dari dugaan semula, yang menambah keprihatinan bahwa pemulihan dari resesi akan lamban.

Laporan Departemen Perdagangan AS hari ini menunjukkan PDB Amerika tumbuh dengan laju 1,6 persen selama kuartal kedua antara bulan April dan Juni. Ini turun 0,8 dari taksiran pertumbuhan PDB semula. Pertumbuhan kuartal kedua tahun ini juga jauh lebih lamban dari pertumbuhan kuartal pertama (Januari-Maret) yang mencapai 3,7 persen.

Pengangguran yang tinggi, 9,5 persen, telah mengurangi belanja konsumen, yang memotori kira-kira 70 persen ekonomi Amerika. Pasar rumah yang masih lesu juga berperan besar bagi pertumbuhan yang lamban.

Kabar buruk mengenai kondisi ekonomi AS ini dapat merusak pendapat umum mengenai kebijakan ekonomi Presiden Barack Obama menjelang pemilu anggota Kongres bulan November.

Partai Demokrat sedang berusaha mempertahankan mayoritas dalam kedua majelis Kongres menjelang pemilu itu, sementara mereka menghadapi persaingan yang kuat dari partai Republik.

XS
SM
MD
LG