Tautan-tautan Akses

'Nomadland' Film Terbaik Penghargaan Film Inggris


Sutradara Chloe Zhao, kiri, muncul bersama aktris Frances McDormand di lokasi syuting "Nomadland." (Foto: AP)

Drama tentang resesi di AS, "Nomadland," menang besar dalam penghargaan film Inggris BAFTA pada Minggu (11/4). Film itu meraih penghargaan film terbaik, direktur terbaik untuk Chloe Zhao, dan aktris terbaik untuk Frances McDormand.

Upacara British Academy of Film and Television Arts itu diadakan secara virtual selama dua malam. Para peraih nominasi bergabung lewat video, karena pembatasan sosial akibat pandemi virus corona.

Namun, bintang film Hugh Grant dan Priyanka Chopra Jonas hadir secara tatap muka di Royal Albert Hall London. Sementara Renee Zellweger dan Anna Kendrick bergabung dari sebuah studio di Los Angeles untuk menganugerahkan penghargaan.

"Nomadland" dibintangi oleh McDormand, 63 tahun, yang berperan sebagai seorang janda. Akibat resesi ekonomi, dia terpaksa mengubah van-nya menjadi mobile home, hidup di jalan, dan melakukan pekerjaan musiman di tempat-tempat yang dia singgahi.

Zhao, yang memenangkan kategori sutradara, mengatakan "Kami ingin mempersembahkan penghargaan ini kepada komunitas nomaden yang dengan baik hati menerima kami dalam kehidupan mereka," katanya dalam pidato kemenangannya.

"Nomadland" juga memenangkan kategori sinematografi.

Akademi itu juga memberikan persembahan kepada Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth, yang meninggal dunia pada Jumat (9/4) pada usia 99 tahun. Philip adalah presiden pertama BAFTA pada 1959. Cucunya, Pangeran William, adalah presiden BAFTA sekarang ini. [vm/jm]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG