Tautan-tautan Akses

“Nomadland” Raih Penghargaan di Festival Film Venesia


Gambar yang dirilis oleh Searchlight Pictures ini menunjukkan Frances McDormand dalam sebuah adegan dari film "Nomadland." (Foto: Courtesy)
Gambar yang dirilis oleh Searchlight Pictures ini menunjukkan Frances McDormand dalam sebuah adegan dari film "Nomadland." (Foto: Courtesy)

Film AS yang berjudul “Nomadland” memenangkan penghargaan Golden Lion untuk film terbaik di ajang Festival Film Venesia pada hari Sabtu (12/9). Film besutan sutradara China yang tinggal di AS, Chloe Zhao, mengisahkan tentang komunitas penghuni van yang melintasi Amerika Barat.

Kantor berita Reuters melaporkan, “Nomadland” dibintangi oleh artis Frances McDormand yang memerankan sebagai seorang janda berusia 60-an di kota pertambangan Nevada. Ia mengubah vannya menjadi rumah mobil, dan kemudian mengembara dengan kendaraan tersebut.

Festival film ini diselenggarakan di tepi pantai Lido, dan merupakan acara pertama yang digelar di depan penonton secara langsung sejak pandemi Covid-19 menutup dunia showbiz.

Juri yang dipimpin oleh aktris Australia Cate Blanchett memberikan dua penghargaan runner-up Silver Lion, yaitu untuk film thriller "New Order" yang disutradara Michel Franco asal Meksiko dan juga drama bersejarah Jepang "Wife of a Spy" besutan Kiyoshi Kurosawa.

Sutradara veteran Rusia Andrei Konchalovsky juga dianugerahi penghargaan untuk filmnya “Dear Comrades!”, sebuah film tentang pembantaian pekerja yang mogok di Novocherkassk tahun 1962.

Aktris Inggris Vanessa Kirby memenangkan penghargaan sebagai aktris terbaik untuk penampilannya sebagai seorang wanita yang merana karena kehilangan putrinya yang baru lahir dalam "Pieces of a Woman".

Penghargaan aktor terbaik jatuh ke tangan Pierfrancesco Favino asal Italia.

Protokol keamanan yang ketat diberlakukan dalam penyelenggaraan festival tersebut, termasuk pemakaian masker saat menonton film, dan mengosongkan sekitar setengah kursi dari kapasitas bioskip. [ah]

XS
SM
MD
LG