Tautan-tautan Akses

Menlu Dorong Perundingan Enam Pihak


Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa
Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa

Dalam pertemuan dengan Menlu Korea Utara, Pak Ui Chun, yang berkunjung ke Jakarta, Marty Natalegawa menegaskan pentingnya solusi damai.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mendorong dihidupkannya kembali perundingan enam pihak untuk menemukan solusi damai mengenai semenanjung Korea.

Marty menyampaikan hal tersebut kepada Menlu Korea Utara yang berkunjung ke Jakarta, Pak Ui Chun, sembari menegaskan perlunya masalah ini ditanggulangi secara damai.

Natalegawa menambahkan, Korea Utara sedang mengusahakan keseimbangan dalam perundingan enam negara mengenai program nuklir Pyongyang. Pak tidak berbicara dengan wartawan setelah pertemuan di Jakarta.

Natalegawa juga mengemukakan, di antara berbagai isu yang dibicarakan, kedua tokoh tersebut membahas penenggelaman maut kapal perang Korea Selatan, yang menurut Korea Selatan dilakukan oleh Utara.

Korea Utara menyangkal mengambil bagian apapun dalam malapetaka tenggelamnya kapal yang menewaskan 46 tentara pelaut Korea Selatan itu. Pak sedang melawat empat negara ASEAN, termasuk Vietnam, Laos dan Birma.

XS
SM
MD
LG