Tautan-tautan Akses

Menlu Natalegawa akan Kunjungi AS


Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa akan bertemu mitranya, Hillary Clinton, pada bulan September untuk membicarakan isu-isu utama di bidang pertahanan dan pendidikan.

Hubungan antara dua negara demokrasi besar di dunia akan semakin erat, ketika diplomat tertinggi Indonesia berkunjung ke Washington tahun ini.

Cameron Hume, dutabesar Amerika di Indonesia, mengumumkan rencana kunjungan tersebut di Jakarta. Ia mengatakan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa akan bertemu mitranya, Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton, pada bulan September untuk membicarakan isu-isu pertahanan, pendidikan, dan serangkaian isu lain.

Hume mengungkit kerjasama militer kedua negara, yang menurutnya, telah membaik sejak tahun 2005 ketika Amerika memulihkan hubungan dengan angkatan darat Indonesia. Pekan lalu, Menteri Pertahanan Robert Gates mengumumkan saat kunjungannya ke Jakarta, Amerika akan bekerjasama lagi dengan satuan kontra-terorisme Kopassus Indonesia. Pengumuman tersebut menimbulkan kemarahan beberapa organisasi HAM, yang menuduh Kopassus melakukan banyak pelanggaran HAM.

Amerika Serikat yakin satuan itu sudah menjalani reformasi yang besar, tetapi Hume mengatakan pihak berwenang Amerika akan terus memantaunya.

Isu pendidikan juga akan menjadi satu pokok utama dalam pembicaraan di bulan September. Hume mengatakan jumlah mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Amerika Serikat meningkat 30 persen dalam satu tahun, dan ia berharap jumlah itu akan terus meningkat.

XS
SM
MD
LG