Tautan-tautan Akses

AS

NASA akan Kirim Helikopter Mini ke Planet Mars


Hasil lukisan artis NASA/JPL di Pasadena, California, yang menggambarkan helikopter yang akan dikirim NASA ke Planet Mars, sebuah pesawat berbaling-baling swakemudi berukuran kecil yang akan melakukan perjalanan ke planet itu bersamaan dengan kendaraan penjelajah Mars 2020 milik NASA. Helikopter ini dijadwalkan meluncur bulan Juli 2020, untuk menunjulkkan kelayakan dan potensi kendaraan yang lebih berat dari udara di Planet Merah tersebut, 11 Mei 2018. (Courtesy: NASA/JPL-Caltech/Dibagikan via REUTERS)

NASA berencana akan kirim helikopter swakemudi mini ke planet Mars pada misi penjelajahan berikutnya di Planet Merah tersebut.

Badan antariksa tersebut mengumumkan hari Jumat bahwa helikopter itu akan diangkut oleh kendaraan penjelajah Mars 2020 sebagai demonstrasi teknologi dan menguji kemampuannya sebagai wahana pemandu dan untuk menjangkau lokasi-lokasi yang tidak dapat dijangkau lewat darat.

Helikopter ini sedang dikembangkan oleh Laboratorium Propulsi Jet milik NASA di California Selatan.

Bobot pesawat ini kurang dari 1,8 kilogram dan memiliki penampang badan kurang lebih seukuran bola softball dan baling-baling kembar yang berputar berlawanan arah pada kecepatan 3.000 rpm – kecepatan yang dibutuhkan di atmosfer Mars yang tipis. Pengisian ulang daya baterai lithium-ionnya akan dilakukan oleh sel-sel surya.

Penerbangan pesawat ini akan diprogram karena jarak ke Mars menghalangi perintah yang dikirimkan dalam waktu nyata dari bumi. [ww/dw]

XS
SM
MD
LG