Tautan-tautan Akses

Wahana Penyelidik Eropa Siap untuk Endus Atmosfir Mars


Sebuah ilustrasi Modul Antariksa Schiaparelli dan planet Mars ditampilkan dalam sebuah layar film, dalam kesempatan untuk merayakan masuknya Wahana Pelacak Gas ke orbit di sekitar Mars, dan pendaratan modul Schiaparelli di permukaan planet, di Roma, Jum’at 19 Oktober 2016 (foto: AP Photo/Gregorio Borgia)

Sebuah wahana penyelidik Eropa sudah bersiap di posisi sekitar planet Mars dalam persiapannya untuk menganalisa atmosfer dan kemungkinan tanda-tanda kehidupan.

Badan Antariksa Eropa hari Rabu menyatakan Wahana Pelacak Gasnya sudah berhasil melakukan manuver lembut yang dikenal sebagai pengereman angkasa yang termasuk di antaranya menukik menuju atmosfer bagian atas planet merah itu untuk memperlambat gerak wahana penyelidik.

Badan tersebut menyatakan wahana itu akan mulai mencari jejek-jejak gas seperti metan, yang bisa jadi hasil dari aktivitas biologis dan geologis pada bulan April. Wahana itu juga akan berusaha untuk mencari keberadaan es yang bisa membantu pendaratan komputer di masa yang akan datang.

Sebuah radio buatan NASA yang dibawa oleh wahana itu akan membantu untuk memancarkan sinyal dari kendaraan-kendaraan jelajah di permukaan planet kembali ke bumi.

Eropa berencana untuk mendaratkan kendaraan penjelajahnya sendiri di Mars pada tahun 2021. Sebuah kendaraan pendarat yang sedang dicoba jatuh di permukaan Mars pada tahun 2016. [ww]

XS
SM
MD
LG