Tautan-tautan Akses

Namaste Alexa: Amazon Gaet Superstar Bollywood, Amitabh Bachchan 


Superstar Bollywood India, Amitabh Bachchan (kiri) dan putranya Abhishek Bachchan (foto: dok).
Superstar Bollywood India, Amitabh Bachchan (kiri) dan putranya Abhishek Bachchan (foto: dok).

Superstar Bollywood India, Amitabh Bachchan akan menjadi selebriti India pertama yang suara digunakan untuk layanan suara digital Alexa Amazon mulai tahun depan. Ini dilakukan ketika perusahaan raksasa Silicon Valley itu memperluas kehadirannya di pasar India yang sangat besar.

Aktor berusia 77 tahun ini sudah identik dengan India selama hampir setengah abad, dan suara baritonnya yang dalam langsung dikenali oleh pendengar di negara berpenduduk 1,3 miliar itu.

Perusahaan asing seperti Amazon telah menghabiskan puluhan miliar dolar di India dalam beberapa tahun terakhir ketika mereka berebut mendapat bagian dari ekonomi digital India yang berkembang pesat.

Dalam sebuah posting blog pada hari Senin, Amazon India mengatakan fitur "pengalaman suara" Bachchan akan bisa dibeli pada Alexa tahun depan.

"Akan mencakup penyajian yang populer seperti lelucon, cuaca, shayaris (puisi), kutipan motivasi, nasihat dan banyak lagi," kata perusahaan itu.

Alexa pertama kali meluncurkan opsi suara selebriti tahun lalu dengan aktor Samuel L. Jackson, mengikuti langkah serupa Google tahun sebelumnya, yang memberi pengguna opsi untuk mendengarkan penyanyi John Legend pada layanan Google Assistant.

"Saya senang bisa menciptakan pengalaman suara ini," kata megabintang Bollywood itu di blog Amazon.

"Dengan teknologi suara, kita membangun untuk terlibat lebih efektif dengan pemirsa dan penggemar saya."

Kesuksesan sebelumnya pada blog vokal terjadi pada tahun 2010, melalui "Bachchan Bol-Bachchan Speak", yang memungkinkan penggemar mendengarkan pesan yang direkam sebelumnya oleh sang bintang dengan menekan sebuah tombol.

Selain bersaing dengan perangkat yang diaktifkan oleh suara seperti Siri milik Apple dan Google Assistant untuk konsumen, Amazon sedang bersaing dengan Flipkart dan JioMart yang didukung Walmart, milik orang terkaya di Asia Mukesh Ambani, untuk merebut pangsa pasar ritel online.

Perusahaan Amazon yang dimiliki oleh Jeff Bezos, orang terkaya di dunia, juga berusaha memenangkan perhatian penonton dengan layanan streaming yang bersaing dengan Netflix dan Disney + Hotstar.

Bachchan dan keluarganya termasuk di antara tokoh terkenal yang menderita virus corona di India. [my/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG