Tautan-tautan Akses

Musisi Dunia Lirik Indonesia, 2023 Jadi Tahun Konser 


Personel Deep Purple saat tiba di Solo, Kamis (9/3). (Foto: VOA/ Yudha Satriawan)
Personel Deep Purple saat tiba di Solo, Kamis (9/3). (Foto: VOA/ Yudha Satriawan)

Sejumlah musisi dunia akan menggelar konser di Indonesia pada 2023 ini. Jutaan penikmat musik diperkirakan akan memadati tempat-tepat pertunjukkan. Geliat ini tak lepas dari kebijakan Presiden Joko Widodo yang minta pemerintah daerah untuk mempermudah izin penyelenggaraan konser musik.

Bersama sekitar sepuluh ribu penonton yang memadati gedung auditorium Universitas Muhammadiyah Surakarta UMS pada Jumat (10/3) malam, Presiden Joko Widodo dan keluarga menikmati konser Deep Purple. musik rock era 80an, God Bless, menjadi band pembuka konser yang juga disaksikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ian Gillan, sang vokalis utama Deep Purple, memang sudah tidak muda lagi. Namun bersama bassist Roger Glover dan drummer Ian Paice, mengalirlah lagu “No Need Shout,” “Highway Star,” “Perfect Stranger” dan banyak lainnya dalam konser selama tiga jam itu. Hanya lagu “Soldier of Fortune” yang melegenda, yang tidak dinyanyikannya. Usai konser, Jokowi mengangkat dua jempol tinggi-tinggi.

Ganjar Pranowo mengatakan sudah menggemari Deep Purple sejak masih duduk di bangku SMA.

Presiden Jokowi usai nonton komser Deep Purple di Edutorium UMS, Jumat (10/3). (Foto: VOA/ Yudha Satriawan)
Presiden Jokowi usai nonton komser Deep Purple di Edutorium UMS, Jumat (10/3). (Foto: VOA/ Yudha Satriawan)

"Deep Purple itu musik kesukaan saya. Saya suka sejak SMA, saya punya koleksi lagu Deep Purple. Lihat konser Deep Purple secara langsung ternyata keren. Saya suka lagu 'Smoke on the Water',” ujarnya sambil menyanyikan petikan lagu kesayangannya itu.

Anas Syahrul Alimi, pendiri Rajawali Indonesia Communication yang menjadi penyelenggara konser ini mengatakan Deep Purple adalah salah satu dari deretan musisi dunia yang menggelar konser di Indonesia pada 2023 ini.

Musisi Dunia Lirik Indonesia, 2023 Jadi Tahun Konser
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:00 0:00

"Deep Purple sudah. Nanti Juli ditunggu saja banyak artis internasional konser di Indonesia. Ada Bond kwartet musisi biola, Gipsy King, musisi terompet Amerika Lucky Chop, Scott Bradlee akan tampil bersama Postmodern Jukebox. Hitungan saya ada sembilan musisi dunia konser ke Indonesia tahun ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, potensi Indonesia menjadi tuan rumah konser musisi dunia sangat besar. Tak hanya ratusan ribu warga Indonesia yang biasa ke luar negeri untuk menikmati konser musik, yang bisa ditarik ke dalam negeri, tetapi juga jutaan wisatawan mancanegara.

Gubernur Jateng Ganjar ikut nonton konser Deep Purple, Jumat (10/3). (Foto: VOA/ Yudha satriawan)
Gubernur Jateng Ganjar ikut nonton konser Deep Purple, Jumat (10/3). (Foto: VOA/ Yudha satriawan)

Selain konser Deep Purple di Solo, pekan ini kelompok K-pop terkenal Black Pink juga mengguncang Gelora Bung Karno, Jakarta. Juga kelompok musik papan atas Indonesia RUN dan MaliQ D' Essential.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan Solo juga akan kembali menjadi lokasi konser musisi K-Pop tahun ini.

"Ada konser artis K-Pop asli ke Solo. Tunggu saja. Secret number asal Korea," jelas Gibran.

Deep Purple saat konser di Edutorium UMS, Jumat (10/3). (Foto: VOA/Yudha Satriawan)
Deep Purple saat konser di Edutorium UMS, Jumat (10/3). (Foto: VOA/Yudha Satriawan)

Permudah Izin Acara Seni Budaya dan Olahraga

Dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023 di Balikpapan akhir Februari lalu, Presiden Joko Widodo menginstruksikan pemerintah daerah untuk mempermudah perizinan event seni budaya dan olahraga, termasuk konser musik; yang menurutnya akan ikut menggerakkan perekonomian.

"Saya sudah titip ke Kapolri dan sekarang saya ketemu gubernur dan wakil gubernur, serta sekretaris daerah, untuk izin-izin masalah ini jangan ada yang dihambat. Saya ketemu event organizer acara-acara konser musik, seni dan sepakbola banyak yang mengeluhkan pemberian izin sangat lambat", ujar Jokowi dengan nada geram.

Jokowi merujuk pada kebanyakan izin acara yang baru keluar 2-3 hari sebelum pelaksanaan sehingga menyulitkan promosi dan sebagainya.

Merebaknya pandemi virus corona pada 2020 hingga pertengahan 2022 membatasi kegiatan warga dan pelaksanaan acara-acara besar, termasuk konser musik dan pesta olahraga. Dana masyarakat yang tertimbun di berbagai bank hampir mencapai Rp 690 triliun karena mereka menahan diri untuk hanya mengeluarkan uang pada kebutuhan primer semata.

Namun selepas pandemi, Jokowi mulai menggairahkan dunia musik dan meminta pemerintah daerah untuk mempermudah pengurusan izin penyelenggaraan acara.[ys/em]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG