Tautan-tautan Akses

Partai yang Berkuasa di Zimbabwe Pecat Mugabe


Presiden Zimbabwe Robert Mugabe setelah menghadiri upacara wisuda di Universitas Terbuka Zimbabwe di luar Harare, Zimbabwe, 17 November 2017.

Partai yang berkuasa di Zimbabwe partai ZANU-PF telah memecat Presiden Robert Mugabe hari Minggu (19/11) sebagai pemimpin partai dan telah mengangkat mantan Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa sebagai ketua baru partai itu. Mugabe sebelumnya memecat Mnangagwa sebagai wakil presiden Zimbabwe pekan lalu.

Para pemimpin partai juga telah mengeluarkan isteri Mugabe, Grace, pemimpin Liga Perempuan ZANU-PF dari kepemimpinan partai yang berkuasa.

Kalau Mugabe tidak bersedia meletakkan jabatan presiden, pemakzulan mungkin akan dilakukan, kata wakil ketua oposisi dalam parlemen, Innocent Gonese, kepada Associated Press. Pemimpin oposisi mengatakan oposisi dan partai yang berkuasa telah membicarakan tindakan bersama.

"Kalau Mugabe tidak turun sebelum Selasa, sudah pasti proses pemakzulan akan dimulai," kata Gonese.

Hari Sabtu, ribuan demonstran Zimbabwe yang bersemangat membanjiri jalan-jalan Harare, sebagian dari mereka berpawai menuju kediaman resmi Mugabe di tengah-tengah protes di seluruh negara itu yang menyerukan peletakan jabatannya.

Pemrotes, sebagian membawa spanduk yang mengatakan "Mugabe harus lengser" dan "tidak dengan kudeta tetapi dengan jalan baik," berjalan sampai jarak 200 meter dari gerbang kompleks itu dan melancarkan aksi duduk setelah dihentikan oleh pasukan nasional.

Wisma Negara adalah tempat di mana Mugabe menjalani tahanan rumah dan di mana perundingan untuk pemberhentian Mugabe diadakan. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG