Tautan-tautan Akses

Partai ZANU-PF akan Bahas Pemecatan Mugabe, Minggu


Massa yang euforia di jalan-jalan di Harare, menuntut pengunduran diri Presiden Robert Mugabe, Sabtu, 18 November 2017. Militer Zimbabwe yang mengenakan status tahanan rumah kepada Mugabe minggu ini, mengizinkan demonstrasi tersebut.

Para pejabat Partai ZANU-PF, partai yang dipimpin Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, Sabtu (18/11), mengatakan akan bertemu Minggu (19/11) untuk membahas pemecatan Mugabe yang telah lama berkuasa itu.

Dua sumber yang tidak diungkap identitasnya mengatakan kepada Reuters bahwa mereka akan menarik kembali Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa, yang Mugabe pecat pekan lalu, dan akan mencopot isteri Mugabe dari jabatan pemimpin Liga Perempuan ZANU-PF. Mugabe telah memilih isterinya untuk menggantikannya. Grace Mugabe adalah sosok pilihan Mugabe untuk menggantikannya.

Salah seorang dari kedua pejabat partai yang memastikan pertemuan Minggu (19/1) itu mengatakan mereka akan “mendukung keputusan dari sembilan provinsi partai” untuk menyerukan Mugabe mengundurkan diri dari jabatan presiden dan pemimpin partai.

Pertemuan itu dijadwalkan ketika ribuan demonstran Zimbabwe membanjiri jalan-jalan Harare pada Sabtu. Sebagian dari mereka berpawai menuju kediaman resmi Mugabe di tengah protes nasional yang menyerukannya mengundurkan diri. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG