Tautan-tautan Akses

Monitor: Pasukan Rezim Suriah Lancarkan Ofensif di Kubu Terakhir Pemberontak Idlib


Foto dari kelompok aktivis anti pemerintah Suria EMC menunjukkan anggota kelompok pemberontak "White Helmets" atau Pertahanan Sipil Suriah, di sebuah jalan yang terkena serangan udara Rusia, di kota Maarat al-Nuaman, provinsi Idlib, Suriah.

Pasukan rezim Suriah merebut sebuah kota penting di kawasan Idlib yang menjadi markas kuat ISIS, kata kelompok pemantau hari Minggu (7/1).

Pasukan pemerintah yang didukung pesawat tempurRusia merebut Sinjar, kota terbesar di sebelah tenggara provinsi itu, kata Pemantau HAM Suriah yang berbasis di Inggris.

Kota Sinjar terletak 14 kilometer sebelah barat basis militer Abu al-Duhur, yang, apabila direbut kembali setelah diduduki pasukan ISIS yang berafiliasi dengan Al-Qaida pada 20 September, bisa memberikan pasukan presiden Suriah al-Assad sebuah pos penting di provinsi itu.

ISIS merebut kawasan yang berbatasan dengan Turki itu dari rezim Assad pada tahun 2015. Sejak awal operasi pada bulan Oktober, pasukan Assad telah merebut kembali sekitar 60 kota dan desa di perbatasan antara Idlib dan kawasan Hama, menurut Pemantau HAM Suriah.

Dorongan ke kawasan itu pada intinya bertujuan untuk membebaskan sebuah jalan penting yang menghubungkan Aleppo, kota kedua Suriah, dengan ibukota Damaskus. [vm/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG