Tautan-tautan Akses

Mogherini: DPR AS akan Pastikan Kebijakan Trump Patuhi Perjanjian Nuklir dengan Iran


Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini (foto: dok).

Diplomat tertinggi Uni Eropa mengatakan Selasa legislator Amerika Serikat ingin memastikan kebijakan baru Presiden Donald Trump terhadap Iran tidak melanggar perjanjian nuklir Iran 2015, terlepas dari keraguan Trump tentang kesepakatan tersebut.

"Saya mendapat indikasi jelas bahwa maksudnya adalah untuk menjaga agar Amerika Serikat mematuhi kesepakatan tersebut," kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini dalam sebuah konferensi pers di Washington setelah bertemu dengan anggota Kongres.

Mogherini, dalam kunjungan dua hari ke Washington untuk membahas hubungan bilateral UE-AS dan masalah keamanan dengan anggota parlemen dan pejabat pemerintah, mengatakan dia menekankan pentingnya peran Uni Eropa dalam perjanjian itu.

Perjalanannya ke Washington dilakukan pada saat yang "rentan" bagi kesepakatan tersebut sejak Trump bulan lalu menolak untuk memberi sertifikasi kepatuhan pada Iran karena dia yakin keuntungan yang didapat Iran dari kesepakatan tersebut tidak sepadan dengan konsesinya. [as]

XS
SM
MD
LG