Tautan-tautan Akses

Dubes AS Kritik Sikap Lunak PBB Terhadap Iran


Dubes AS Nikki Haley saat berbicara di rapat Dewan Keamanan PBB membahas krisis Rohingya, 28 September 2017 di Markas PBB.

Duta Besar Amerika untuk PBB, Nikki Haley mengecam Iran atas "sederetan perbuatan buruk Iran" dan mengkritik Dewan Keamanan PBB karena tidak meminta pertanggung jawaban Iran.

“Tiap enam bulan Dewan Keamanan disodori daftar berita buruk, namun entah bagaimana hanya bisa mendengar berita yang bagus saja,” kata Haley menunjuk pada dua laporan tahunan yang diajukan Sekretaris Jenderal kepada Dewan mengenai pelaksanaan Perjanjian Nuklir Iran Tahun 2015, pada Rabu (18/10).

Haley berbicara pada sidang bulanan Dewan dengan agena utama meninjau situasi Israel-Palestina.

Sejak diangkat jadi duta besar di PBB, Haley selalu menekankan dalam sidang bulanan, tindakan Iran dan kelompok-kelompok yang mewakilinya seperti Hezbollah dan Hamas.

Pekan lalu Presiden Trump mengatakan dia tidak dapat memberi sertifikasi kepatuhan Iran terhadap Perjanjian Nuklir. Langkah ini membuka pintu bagi Kongres Amerika untuk memberlakukan kembali sebagian atau semua sanksi sepihak yang dikenakan terhadap Iran yang sebelumnya sudah dicabut sesuai dengan Perjanjian Nuklir tersebut. [al]

XS
SM
MD
LG