Tautan-tautan Akses

AS

Mississippi Putuskan Hapus Emblem Konfederasi dari Bendera


Sepasang suami istri membawa bendera perang Konfederasi di Jackson, Mississippi, 19 Januari 2016.

Para legislator Mississippi telah memilih untuk menghapus sebuah emblem pertempuran Konfederasi dari bendera negara bagian mereka. Keputusan itu disambut sorak sorai dan tepuk tangan.

DPR dan Senat Mississippi, Minggu (28/6) mengambil keputusan bersejarah untuk memensiunkan bendera yang digunakan sejak 1894. Bendera tersebut merupakan bendera negara bagian terakhir yang menampilkan simbol Konfederasi yang dianggap rasis oleh banyak orang.

Gubernur Tate Reeves dari partai Republik telah mengatakan dia akan menandatangani RUU itu. Perubahan tersebut dilakukan di tengah berbagai protes luas terkait ketidakadilan rasial.

Terdapat sekitar 38 persen warga berkulit Hitam di Mississippi.

Sebuah komisi akan mendesain sebuah bendera baru yang tidak boleh menampilkan simbol Konfederasi dan harus memuat kalimat, “In God We Trust” atau “Pada Tuhan Kami Percaya.” Para pemilih akan diminta untuk menyetujui rancangan baru itu dalam pemilu 3 November. Apabila mereka menolaknya, komisi itu akan membuat desain baru berdasarkan panduan yang sama, dan akan dikirim kepada para pemilih kemudian. [vm/pp,es]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG