Tautan-tautan Akses

Minggu, Italia Pilih Parlemen Baru


Para pekerja tempat pemungutan suara di Rozzano, dekat Milan, Italia, 3 Maret 2018. Pemilihan umum di Italia pada Minggu, 4 Maret 2018 akan menentukan komposisi parlemen dan pemerintah berikutnya.

Mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, secara tak terduga mengunjungi sebuah kapel di Naples, Sabtu (3/3), sehari sebelum rakyat Italia memilih parlemen baru.

Para politisi dilarang berkampanye pada Sabtu, tapi kunjungan Berlusconi ke kapel Sansevero mengundang perhatian banyak wartawan dan warga. Berlusconi, 81 tahun, mengatakan kepada para wartawan bahwa dia dan kekasihnya yang berusia 30 tahun mengunjungi kapel itu sebagai turis. Dia mengatakan kapel itu merupakan warisan negara itu, yang “tidak bisa ditandingi negara manapun.”

Berlusconi, yang pernah empat kali menjabat sebagai perdana menteri, tidak bisa ikut dalam pemilu pada hari ini, Minggu (4/3), karena terbukti melakukan penipuan pajak 2013. Tapi dia adalah sosok penggerak dibalik partai tengah-kanan Forza Italia dan telah memberikan dukungan kepada mantan Presiden Parlemen Eropa Antonio Tajani untuk menjabat sebagai perdana menteri apabila partainya meraih cukup kursi. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG