Tautan-tautan Akses

Militer Irak: Empat Roket Mendarat di Zona Hijau Baghdad


Tentara Irak di pos pemeriksaan untuk masuk ke Zona Hijau di Baghdad, 10 Desember 2018.
Tentara Irak di pos pemeriksaan untuk masuk ke Zona Hijau di Baghdad, 10 Desember 2018.

Militer Irak mengatakan empat roket Katyusha menghantam Zona Hijau yang dijaga sangat ketat di Baghdad. Serangan roket itu melukai sedikitnya dua orang dan mengisyaratkan berakhirnya gencatan senjata informal yang diumumkan oleh milisi yang didukung Iran pada Oktober lalu.

Pernyataan militer itu mengatakan roket-roket tersebut menghantam Zona Hijau, yang merupakan kawasan di mana terdapat pemerintah Irak dan sejumlah kantor kedutaan besar asing, termasuk Kedutaan Besar Amerika.

Menurut pernyataan itu, keempat roket tersebut diluncurkan dari permukiman Al Amin Al Thaniyah di Baghdad.

Belum ada satu orang pun yang mengaku bertanggung jawab terhadap serangan itu.

Pejabat keamanan Irak mengatakan roket-roket itu jatuh hanya 600 meter dari Kedutaan Besar Amerika dan dicegat oleh sistem pertahanan udara C-RAM yang dipasang oleh Amerika pada awal tahun ini.

Dua petugas keamanan Irak luka-luka, tambah pejabat itu. Mereka berbicara secara anonim sesuai peraturan yang berlaku.

Serangan yang sering menarget kantor-kantor kedutaan itu membuat Amerika mengancam akan menutup misi diplomatiknya di Baghdad. Hal ini sempat memicu krisis diplomatik sebelum pemilihan presiden Amerika.

Pertengahan Oktober lalu kelompok milisi yang didukung Iran mengumumkan untuk sementara waktu akan menghentikan serangan yang menarget kehadiran Amerika di Irak, termasuk kantor-kantor kedutaan. Namun, mereka memberi sayarat pasukan koalisi pimpinan Amerika mundur dari negara itu.

Serangan ini terjadi setelah pengumuman Pentagon baru-baru ini untuk mengurangi jumlah pasukan di Irak dari 3.000 personel menjadi 2.500 personel saja. Penarikan pasukan dari Irak telah direncanakan selama beberapa bulan, di mana pasukan koalisi juga menarik personelnya dari beberapa pangkalan di Irak. [em/pp]

XS
SM
MD
LG