Tautan-tautan Akses

Milisi Syiah Pro-Iran Gerebek Panti Pijat di Baghdad


Milisi Syiah Irak dalam aksi demonstrasi di depan Kedubes AS di Baghdad (foto: ilustrasi).
Milisi Syiah Irak dalam aksi demonstrasi di depan Kedubes AS di Baghdad (foto: ilustrasi).

Belasan pria yang tergabung dalam milisi yang didukung Iran, menggerebek panti pijat kelas atas di ibukota Irak, Baghdad Kamis (26/11) malam, menyerang karyawan perempuan sebelum membakar fasilitas itu, menurut pejabat dan rekaman insiden yang ditayangkan online.

Dalam rekaman kamera keamanan yang beredar luas di media lokal Irak, beberapa pria yang memegang tongkat terlihat dengan paksa menyeret keluar dua perempuan tanpa alas kaki yang dilaporkan bekerja di fasilitas yang dikenal sebagai Pusat Pijat Shilan.

Para penyerang yang dilaporkan terkait dengan milisi Syiah Rab 'Allah (RA), mendorong dua perempuan itu ke tanah sebelum berulang kali menendang dan menarik rambut mereka.

Panti pijat itu berada di dalam hotel Mount Beirut Baghdad di Karrada, lingkungan yang relatif aman di mana gereja-gereja dan bisnis internasional berada.

RA mengklaim pesan video itu menunjukkan anggotanya di dalam ruang tamu dengan kaus hitam bertuliskan nama grupnya, ketika mereka merusak panti pijat itu.

Dalam sebuah pernyataan milisi menuduh panti pijat dan toko minuman keras negara itu "berusaha merusak kaum muda dengan tujuan kotor yang dibuat oleh Amerika dan Israel."

Sehari setelah insiden itu, baik pemerintah Irak maupun lembaga keagamaan tidak membuat pernyataan publik yang mengutuk serangan itu.

RA dituduh terlibat dalam serangan lain termasuk, serangan pembakaran di markas Partai Demokrat Kurdistan (KDP) di Baghdad, partai Kurdi terkuat di negara itu, dan pembunuhan dua jurnalis TV Dijlah awal tahun ini. [ps/pp]

XS
SM
MD
LG