Tautan-tautan Akses

AS

Michelle Obama Kritik Instruksi Presiden Trump Soal Makanan di Sekolah


Mantan ibu negara AS, Michelle Obama berbincang dengan Sam Kass, mantan chef Gedung Putih dan Penasihat Kebijakan Senior untuk Nutrisi, dalam Konferensi Kemitraan untuk Masa Depan Warga AS Lebih Sehat 2017 di Washington, 12 Mei 2017. (AP Photo/Pablo Martinez Monsivais)

Mantan Ibu Negara Amerika Michelle Obama telah mengkritik peraturan baru pemerintahan Trump tentang makanan untuk makan siang di sekolah negeri ketika tampil di depan umum untuk pertamanya kalinya sejak meninggalkan Gedung Putih.

Michelle Obama, yang memimpin usaha nasional untuk mengurangi kegemukan pada anak-anak ketika menjadi ibu negara, mengatakan dalam konferensi kesehatan tahunan di Washington, Jumat (13/5) bahwa makan siang sekolah yang lebih bergizi penting karena jutaan anak mendapat makanan yang disubsidi Pemerintah Federal .

Pemerintahan Trump baru-baru ini mengatakan akan menunda peraturan federal yang didorong Obama untuk membuat makan siang sekolah lebih sehat.

Tanpa menyebutkan Pemerintahan Trump, Michelle Obama mendesak para orang tua untuk memikirkan arahan pemerintah baru dan alasan di balik itu.

"Saya tidak peduli di mana Anda tinggal, Anda boleh suka atau tidak suka pada saya, tapi pikirkan mengapa ada orang yang tidak peduli dengan apa yang dimakan anak-anak kita. Apakah kita harus senang karena hal itu?," katanya ketika berbicara di depan umum.

Dia mengatakan makan siang yang sehat di sekolah seharusnya jangan dijadikan isu politik.

"Kita harus berhenti dan berpikir 'Mengapa kita tidak ingin anak-anak mendapat makanan yang baik di sekolah?' Apa salahnya? Dan mengapa itu menjadi masalah? Mengapa hal itu menjadi masalah politik? Ada apa?," dia bertanya.

Dalam salah satu langkah besar pertamanya, Sonny Perdue, Menteri Pertanian baru Presiden Trump, mengatakan departemen itu akan menunda beberapa peraturan makan siang di sekolah, termasuk mengurangi garam dalam makanan dan menambah porsi makanan yang terbuat dari gandum.

"Kalau anak-anak tidak mau , makanan itu akan dibuang di tempat sampah, mereka tidak mendapatkan nutrisi apapun ... dan ini akan merugikan tujuan program ini," kata Perdue awal bulan ini. Menteri Perdue mengatakan bahwa dia menghargai apa yang diinginkan Michelle Obama tapi dia mengatakan departemennya ingin menyesuaikan program itu agar makanan lebih sehat dan juga lebih menarik tampilannya.

Berdasarkan Undang-Undang Healthy, Hunger-Free Kids, sekolah-sekolah yang menginginkan subsidi makanan dari pemerintah federal harus membatasi garam dan lemak dalam makan siang, dan menambahkan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian dalam menu makanan.

Para pakar kesehatan mengatakan anak-anak Amerika tidak cukup berolahraga, dan satu diantara enam anak kegemukan. [sp]

XS
SM
MD
LG