Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman Terus Upayakan Perdagangan Bebas dengan AS


Kanselir Jerman Angela Merkel berbicara di Berlin (foto: dok).

Kanselir Jerman Angela Merkel berjanji hari Selasa (20/6) untuk mengusahakan persetujuan luas mengenai perdagangan pada pertemuan puncak Kelompok-20 bulan depan dan mengatakan kepada para tokoh perusahaan Jerman bahwa dia tidak akan menghentikan usaha mencapai persetujuan perdagangan bebas antara Eropa dan Amerika Serikat.

Merkel akan menjadi tuan-rumah para pemimpin negara-negara G-20 di Hamburg tanggal 7 dan 8 Juli di tengah keprihatian luas atas pendekatan perdagangan yang mengutamakan Amerika oleh pemerintahan Trump. Dalam pidatonya kepada kongres industri tahunan Jerman, dia menekankan perlunya meyakinkan orang lain manfaat pasar terbuka dan perdagangan dunia yang bebas dan adil.

“Kami akan melakukan apapun untuk mencapai persetujuan seluas mungkin mengenai hal ini di Hamburg,” kata Merkel. “Meyakinkan pemerintahan baru Amerika memang tidak mudah, tetapi kita harus melakukan usaha,” tandasnya.

Presiden Donald Trump telah menarik Amerika keluar dari persetujuan perdagangan dengan negara-negara Pasifik. Prospek persetujuan Amerika-Uni Eropa yang direncanakan, rencana persetujuan Kemitraan Perdagangan dan Investasi Trans-Atlantik, juga tampaknya suram.

Namun, Merkel berkeras bahwa persetujuan itu memberi peluang untuk menetapkan “standard bersama yang tidak dapat dielakkan oleh negara-negara lain di dunia,” mengingat perjanjian Amerika-Uni Eropa akan meliput kira-kira 30 persen perdagangan dunia. [gp]

XS
SM
MD
LG