Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Jerman Tak Menyumbang Cukup untuk NATO


Kanselir Jerman Angela Merkel berbicara dengan Presiden AS Donald Trump di sela KTT G-7 di Sicilia, Italia 26 Mei lalu (foto: dok).

Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengulangi tuduhannya bahwa Jerman tidak membayar bagian yang adil dari iurannya untuk NATO, tiga hari setelah bertemu dengan pemimpin negara tersebut yang menurut Gedung Putih berlangsung dengan baik.

“Mereka membayar jauh lebih rendah daripada yang seharusnya dilakukan untuk NATO dan militer. Sangat buruk bagi AS. Ini akan berubah,” kata Trump lewat Twitter hari Selasa.

Setelah pertemuan G-7 baru-baru ini di Sisilia, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, “Saat-saat ketika kita dapat sepenuhnya mengandalkan negara lain mulai berakhir, seperti yang saya alami dalam beberapa hari terakhir ini.”

Namun pada hari Selasa (30/5), Merkel mengklarifikasi bahwa dia tetap berkomitmen untuk hubungan yang kuat antara AS dan Jerman.

“Hubungan trans-Atlantik kita sangat penting,” katanya. “Dan pernyataan yang saya buat, atau yang saya katakan baru-baru ini, disebabkan oleh kenyataan bahwa, dalam menghadapi keadaan sekarang, kita memiliki alasan tambahan untuk menyadari bahwa kita harus mengatasi nasib kdengan kemampuan kita sendiri di Eropa.” [lt]

XS
SM
MD
LG