Tautan-tautan Akses

Merkel: Inggris akan Temukan Jalan Keluar Sendiri Soal Brexit


Kanselir Jerman Angela Merkel di Berlin, 22 Mei 2019. (Foto: dok).

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan ia percaya Inggris akan “menemukan jalannya” mengenai Brexit di bawah perdana menteri baru negara itu. Akan tetapi Merkel tidak mengatakan apakah ia menganjurkan untuk menunda lebih lanjut keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau menggelar referendum baru.

Merkel, Jumat (19/7) mengatakan dalam konferensi pers musim panas tahunan di Berlin bahwa suatu pernyataan mengenai hubungan masa mendatang antara Inggris dan Uni Eropa akan disempurnakan. Tetapi ia mengindikasikan tidak adanya kesediaan untuk beralih dari kesepakatan dasar Brexit yang telah tiga kali ditolak parlemen Inggris.

Ia juga membela pengaturan yang dimaksudkan untuk tetap membuka perbatasan Irlandia setelah Brexit, yang ingin disingkirkan oleh para kandidat perdana menteri mendatang Inggris.

Ketika ditanya apakah ia lebih mendukung referendum baru di Inggris mengenai keanggotaan negara itu di Uni Eropa, Merkel menyatakan ia tidak akan turut campur dalam hal itu. Ia menambahkan keyakinannya yang kuat bahwa Inggris akan menemukan jalannya sendiri. Inggris akan tetap menjadi mitra Uni Eropa meskipun negara itu tidak lagi menjadi anggota blok tersebut, jelas Merkel. [uh/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG