Tautan-tautan Akses

Jepang, Jerman Gunakan Perdagangan Bebas untuk Kurangi Dampak Brexit


Kanselir Jerman Angela Merkel (kiri) dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (kanan) menghadiri konferensi pers bersama setelah pertemuan puncak mereka di kediaman resmi Abe di Tokyo, Senin, 4 Februari 2019.

Sejumlah pemimpin Jepang dan Jerman sepakat untuk bekerja sama untuk mengurangi dampak ekonomi global dari Brexit mendatang, sementara berjanji mendukung perdagangan bebas di tengah kekhawatiran akan meningkatnya proteksionisme.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dan Kanselir Jerman, Angela Markel mendesak Inggris untuk menghindari Brexit tanpa kesepakatan.

Kedua pemimpin itu berbicara, Senin (4/1), pada sebuah konferensi pers bersama di Tokyo setelah mengadakan sejumlah pembicaraan. Kunjungan dua hari Merkel ke Jepang dilakukan setelah sebuah kesepakatan perdagangan bebas antara Jepang dan Uni Eropa mulai berlaku Jumat lalu.

Abe mengemukakan Jepang dan Uni Eropa sekarang menjadi zona ekonomi terbesar di dunia dan bersama-sama akan berusaha memelihara pertumbuhan ekonomi global.

Jepang dan Jerman juga sepakat mengenai pertukaran informasi rahasia bagi peningkatan keamanan bilateral dan kerja sama kontra-terorisme. [mg/lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG