Tautan-tautan Akses

Menteri LH: DiCaprio Perlu Lebih Banyak Informasi


Aktor Leonardo DiCaprio setelah menerima piala Oscar 2016 (28/2).
Aktor Leonardo DiCaprio setelah menerima piala Oscar 2016 (28/2).

Siti Nurbaya mengatakan "agak disayangkan" bahwa DiCaprio tidak mencari informasi yang menyeluruh mengenai deforestasi di Indonesia selama 10 tahun terakhir.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan aktor pemenang Leonardo DiCaprio kurang memiliki informasi yang lengkap ketika mengkritik kehancuran hutan hujan di Indonesia dalam kunjungan ke sebuah taman nasional yang dilindungi bulan lalu.

Komentarnya memicu para pejabat imigrasi untuk mengingatkan DiCaprio ia bisa dilarang datang lagi ke Indonesia, namun Siti mengatakan ia menghargai niat baik sang aktor dan berharap dapat bekerjasama dengannya di masa yang akan datang.

Bintang Hollywood itu melakukan kunjungan sehari ke Taman Nasional Gunung Leuser di bagian utara Sumatra dan mengunggah foto-foto ke akun Instagramnya, menyatakan keprihatinan atas spesies-spesies yang habitatnya terancam perkebunan kelapa sawit.

Namun upaya untuk meningkatkan kesadaran akan hewan yang terancam dan memoles kredensial bintang itu dalam isu lingkungan hidup dengan segera menjadi bumerang. Pemerintah Indonesia terlihat kurang kompeten dengan pernyataan yang berlawanan dari para pejabat.

Siti mengatakan "agak disayangkan" bahwa DiCaprio tidak mencari informasi yang menyeluruh mengenai deforestasi di Indonesia selama 10 tahun terakhir dan upaya-upaya pemerintah saat ini untuk menghukum perusahaan-perusahaan yang melanggar undang-undang lingkungan hidup.

Ia mengatakan tidak mendapat informasi sebelumnya mengenai kunjungan aktor tersebut ke Sumatra, namun pemeriksaan sesudahnya menunjukkan DiCaprio telah mengikuti prosedur yang benar dan didampingi oleh pejabat-pejabat kehutanan.

Praktik menebang dan membakar telah menghancurkan wilayah yang luas di hutan Indonesia setiap tahun selama musim kemarau, menciptakan kabut asap yang mencemari negara-negara tetangga dan menyebabkan kerugian ekonomi yang masif. Api seringkali dinyalakan untuk membuka lahan untuk pertanian, termasuk perkebunan kelapa sawit.

Perwakilan untuk DiCaprio menolak berkomentar. ​[hd]

Recommended

XS
SM
MD
LG