Tautan-tautan Akses

Menlu RI Retno Marsudi Akan Kunjungi Bangladesh


Menteri Luar negeri RI Retno Marsudi (kiri) saat bertemu Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi di Myanmar, Senin 4 Sept 2017.

DHAKA – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi akan terbang ke Bangladesh setelah kunjungan ke Myanmar dimana ia mendesak pemimpin nasional Aung San Suu Kyi agar menghentikan kekerasan terhadap Muslim Rohingya di negara itu.

Menteri Luar Negeri Bangladesh Shahidul Haque mengatakan kepada kantor berita Reuters Retno Marsudi akan menemui para pejabat Bangladesh di Dhaka.

Hampir 90 ribu warga Rohingya lari dari Myanmar ke Bangladesh sejak 25 Agustus setelah tentara melakukan tindakan keras yang dipicu serangan pemberontak Rohingya di negara bagian Rakhine yang mayoritas penduduknya beragama Buddha.

Kekerasan di Rakhine telah menewaskan sekurangnya 400 orang, sebagian besar pemberontak Rohingya, menurut pemerintah Myanmar, memicu pelarian besar-besaran warga Rohingya ke Bangladesh yang kewalahan menangani para pengungsi.

Negara mayoritas Muslim seperti Indonesia dan Turki, yang berusaha menekan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi agar mengakhiri krisis, juga menawarkan bantuan kepada Bangladesh dalam menangani banjir pengungsi di perbatasan dengan Myanmar yang panjangnya 271 kilometer. [ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG