Tautan-tautan Akses

Korea Selatan: Korea Utara Siap Uji Coba Nuklir


Seorang pengunjung melintas dekat layar TV yang menayangkan program berita tentang pemimpin Korea Utara Kim Jong Un hari Rabu, 22 Maret 2017 (foto: AP Photo/Lee Jin-man)

Seorang pejabat militer Korea Selatan mengatakan hari Jum’at bahwa Korea Utrara terus bersiaga untuk melakukan uji coba nuklir kapanpun juga.

Korea Utrara terus bersiaga untuk melakukan uji coba nuklir kapanpun juga, seorang pejabat militer Korea Selatan mengatakan hari Jum’at, di tengah laporan kemungkinan dilakukannya uji coba nuklir dalam hitungan hari dengan memperhatikan sikap Pyongyang yang menentang tekanan internasional.

Aset-aset pengamatan milik militer AS dan Korea Selatan memantau secara seksama lokasi uji coba nuklir milik Korea Utara di Punggye-ri di pantai timur negara itu yang tertutup, ujar pejabat tersebut, yang menolak untuk mengungkapkan identifikasinya.

Korea Utara ‘siap .. kapanpun juga’

Berbicara lewat telepon, pejabat tersebut menolak berkomentar apakah ada tanda-tanda terbaru yang menunjukkan bahwa uji coba akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Korea Utara siap untuk melaksanakan uji coba nuklir kapanpun juga, tergantung pada keputusan pemimpin mereka. Kami mengamati dengan seksama semua aktivitas terkait nuklirnya,” ujar pejabat tersebut.

Korea Utara telah melaksanakan lima kali uji coba nuklir dan serangkaian peluncuran rudal, sebagai bentuk penentangan terhadap sanksi yang dijatuhkan oleh PBB, dan dipercaya oleh para pakar dan pejabat pemerintah sedang bekerja untuk mengembangkan rudal berkepala nuklir yang dapat mencapai Amerika Serikat.

Fox News in the United States reported Thursday that the North was in the final stages of preparing for another nuclear test, possibly within the next few days. The network cited U.S. officials with knowledge of recent intelligence.

Fox News di Amerika Serikat melaporkan hari Kamis bahwa Korea Utara berada di tahap akhir persiapan uji nuklir lainnya, kemungkinan dalam waktu beberapa hari ke depan. Jaringan berita tersebut mengutip pejabat-pejabat AS dengan pengetahuan terbaru yang didapat dari pihak intelijen.

Jaringan berita tersebut mengutip salah satu dari pejabat tersebut dengan mengatakan bahwa uji coba tersebut bisa dilaksanakan secepat akhir bulan ini.

Citra satelit menunjukkan adanya aktivitas

Lembaga pemikir yang berbasis di Washington, 38 North, mengatakan di bulan Februari bahwa citra satelit menunjukkan aktivitas tingkat rendah di lokasi uji coba nuklir di Korea Utara yang menunjukkan adanya aktivitas yang menunjukkan negara itu akan melaksanakan uji coba nuklir lagi dalam waktu dekat. Meskipun demikian, lembaga tersebut masih belum mengetahui secara pasti kapan tes tersebut akan dilaksanakan.

Militer Korea Selatan telah berulang kali mengatakan sejak bulan September bahwa Pyongyang siap untuk melaksanakan uji coba nuklir lagi kapanpun juga, dan sebuah terowongan telah dibangun di lokasi tersebut dalam rangka persiapan uji coba tersebut.

Korea Utara mengatakan tahun lalu bahwa mereka telah menguasai carea memasang kepala nuklir pada rudal balistik dan telah meningkatkan ancaman kepada lawan-lawannya dan tampaknya PBB tidak berdaya untuk mencegahnya.

Sebuah rudal milik Korea Utara tampaknya telah meledak sebelum diluncurkan hari Rabu, yang terakhir dari serangkaian uji coba senjata yang telah menimbulkan kekhawatiran di kawasan tersebut. [ww]

XS
SM
MD
LG