Tautan-tautan Akses

Menlu AS Tuduh Huawei Technologies Bohong soal Hubungannya dengan Beijing


Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo
Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo menuduh perusahaan raksasa telekomunikasi China Huawei Technologies berbohong tentang hubungan perusahaan dengan pemerintah Beijing.

Dalam wawancara dengan jaringan televisi CNBC hari Kamis (23/5), Pompeo mengatakan Huawei ‘tidak saja terikat dengan pemerintah tetapi juga dengan Partai Komunis China. Adanya koneksi itu membuat informasi Amerika yang melintas jaringan itu berisiko’.

Huawei, pembuat terbesar perlengkapan jaringan telekomunikasi di dunia tergolong teratas dalam teknologi 5G. Dan sedang berusaha memenangkan kontrak untuk membangun jaringan global yang membuat Internat lebih cepat.

Pekan lalu pemerintah Amerika melarang perusahaan Amerika melakukan bisnis dengan Huawei sehingga memperpanas perang dagang antara kedua negara raksasa ekonomi ini.

CEO Huawei Ren Zhengfei tetap menandaskan perusahaannya tidak akan berbagai rahasia dan tidak dikontrol pemerintah Beijing. Juga mengatakan tidak punya hubungan kerja dengan pemerintah Beijing – penegasan yang dibantah oleh Pompeo. (al)

Recommended

XS
SM
MD
LG