Tautan-tautan Akses

Menlu AS, Pejabat Tinggi Korut Bahas Rencana KTT Trump-Kim


Utusan Korea Utara Kim Yong Chol (kiri) berjabat tangan dengan Menlu AS Mike Pompeo dalam pertemuan di New York, Kamis (31/5).
Utusan Korea Utara Kim Yong Chol (kiri) berjabat tangan dengan Menlu AS Mike Pompeo dalam pertemuan di New York, Kamis (31/5).

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengadakan pembicaraan lagi hari Kamis (31/5) di New York dengan tangan kanan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tentang potensi pertemuan puncak bulan depan antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Donald Trump.

Trump mengatakan kepada para wartawan bahwa pembicaraan antara Pompeo dan Kim Yong Chol telah berjalan dengan baik dan dia berharap untuk mengadakan pertemuan puncak dengan Kim Jong Un di Singapura pada tanggal yang semula dijadwalkan, 12 Juni.

Presiden mengatakan dia mengharapkan delegasi Korea Utara melakukan lawatan ke Washington hari Jumat (1/6) untuk menyampaikan sepucuk surat kepadanya dari Kim Jong Un.

“Saya menantikan kesempatan untuk melihat apa yang ada dalam surat itu,” kata Trump hari Kamis.

Baca juga: Kim Jong-un Bertemu Menlu Rusia di Pyongyang

Kim Yong Chol adalah pejabat Korea Utara berpangkat tertinggi yang mengunjungi Amerika Serikat dalam 18 tahun.

Menteri Luar Negeri Pompeo mengatakan dia mengadakan “pertemuan kerja sambil santap malam yang baik” dengan Kim Yong Chol Rabu (31/5) di sebuah apartemen dekat kantor pusat PBB. Menjelang pembicaraan Kamis pagi, Pompeo mengirim cuitan lewat Twitter yang mengatakan “potensi pertemuan puncak” antara para pemimpin Amerika dan Korea Utara memberi Korea Utara “dengan peluang besar untuk mencapai keamanan dan kemakmuran ekonomi.”

Kedua pejabat itu bertemu lagi Kamis pagi pada waktu sarapan, masing-masing dengan sekelompok kecil pembantu.

Mereka akan mengadakan dua sesi kerja singkat, setelah itu Departemen Luar Negeri mengatakan Menlu Pompeo akan berbicara kepada para wartawan.

Diskusi antara kedua pihak juga sedang berlangsung di Panmunjom dan Singapura. [lt]

XS
SM
MD
LG