Tautan-tautan Akses

Kim Jong-un Bertemu Menlu Rusia di Pyongyang


Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un (kiri) dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Pyongyang, Korea Utara, 31 Mei 2018.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kamis (31/5), bertemu dengan Menlu Rusia, yang sedang berada di Pyongyang dalam sebuah kunjungan yang diharapkan Moskow akan menegaskan perannya sebagai kekuatan yang perlu diakui menjelang KTT yang diperkirakan akan berlangsung antara Kim dan Presiden AS Donald Trump di Singapura bulan depan.

Moskow sejauh ini tidak melibatkan diri sewaktu Kim melakukan terobosan diplomatik ke Seoul, Beijing dan Washington selama beberapa bulan terakhir. Namun kunjungan Sergey Lavrov mengisyaratkan bahwa Rusia ingin memastikan Korea Utara menginformasikan niatnya dan mempertimbangkan keprihatinan Moskow.

Lavrov menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Vladimir Putin atas usaha besar Kim menyangkut Semenanjung Korea. Ia juga mengungkapkan dukungan Moskow bagi kesepakatan yang dicapai Kim dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada sebuah KTT bulan lalu yang berfokus pada usaha-usaha untuk meredakan permusuhan dan meningkatkan komunikasi antara kedua Korea.

Video yang menggambarkan awal pertemuan mereka menunjukkan, Lavrov mengundang Kim berkunjung ke Moskow dan memuji pemimpin Korea Utara itu dalam banyak proyek yang memajukan ibukota.

Menurut media Rusia, Lavrov juga membahas cara-cara memperluas hubungan selama pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara, Ri Yong Ho. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG