Tautan-tautan Akses

AS, Korut Akan Bahas Lebih Lanjut KTT Trump-Kim


Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo di Washington D.C., 29 Mei 2018.
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo di Washington D.C., 29 Mei 2018.

Menlu AS Mike Pompeo mengatakan pertemuan kerja antar dirinya dan Kim Yong Chol, tangan kanan pemimpin Korea Utara, Rabu (30/5), dalam sebuah acara makan malam, berlangsung baik. Kamis ini (31/5), keduanya akan kembali melangsungkan pembicaraan yang akan membahas lebih lanjut kemungkinan pelaksanaan KTT bulan depan antara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump.

Pompeo sempat mengunggah dua buah foto di Twitter, Rabu malam. Foto pertama menunjukkan ia sedang berjabat tangan dengan Kim Yong Chol, dan foto lainnya menggambarkan kedua pria itu sedang duduk di hadapan sebuah meja di sebuah apartemen dekat markas PBB di New York. Pompeo mengatakan, menu hidangan makan malam mereka, termasuk bistik, jagung dan keju. Kim Yong Chol adalah pejabat Korea Utara tertinggi yang berkunjung ke AS dalam 18 tahun terakhir.

Baik Kim Yong Chol maupun Pompeo sama sekali tidak berbicara kepada wartawan sewaktu kedua diplomat itu datang untuk pertemuan makan malam. Gedung Putih mengatakan, mereka dijadwalkan akan melakukan pembicaraan sehari penuh pada Kamis ini.

Sebelumnya pada Rabu, Pompeo mengunggah sebuah pernyataan di Twitter yang mengatakan, ia berharap bertemu dengan Kim Yong Chol di New York untuk membahas kemungkinan pertemuan antara Presiden Trump dan Kim Jong-un. “Kami berkomitmen mewujudkan denuklirisasi Semenanjung Korea secara sepenuhnya, dapat diverifikasi dan tidak dapat dibatalkan,” kata Pompeo.

Gedung Putih mengatakan, pembahasan mengenai denuklirisasi total Semenanjung Korea tidak akan mencakup sistem pertahanan senjata AS yang selama ini berfungsi sebagai payung pertahanan Korea Selatan. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG