Tautan-tautan Akses

Menlu AS Mulai Lawatan ke Asia Timur


Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo (kiri) berjabat tangan dengan PM Jepang Shinzo Abe, di Tokyo, Jepang, 6 Oktober 2018.
Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo (kiri) berjabat tangan dengan PM Jepang Shinzo Abe, di Tokyo, Jepang, 6 Oktober 2018.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo, Sabtu (6/10) tiba di Jepang, persinggahan pertama dari lawatan selama tiga hari ke Asia Timur.

Ia melangsungkan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Menteri Luar Negeri Taro Kono yang diperkirakan membahas kunjungan ketiganya ke Korea Utara dan sekaligus isu-isu perdagangan.

Diplomat tinggi Amerika itu juga akan mengunjungi Korea Selatan dan China sebelum kembali ke tanah air.

Di Pyongyang, Pompeo dijadwalkan akan melangsungkan pertemuan tentang denuklirisasi dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Pompeo, dalam perjalanan ke Jepang, mengatakan tujuan pertemuannya dengan Korea Utara adalah “untuk memastikan bahwa kita memahami apa yang ingin dicapai masing-masing pihak… dan bagaimana kita dapat mewujudkan komitmen yang telah dicapai” di Singapura 12 Juni lalu ketika Kim dan Presiden Donald Trump melangsungkan KTT bersejarah mereka.

Pompeo mengatakan ia juga akan ingin menetapkan tanggal bagi pertemuan kedua Kim dan Trump. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG