Tautan-tautan Akses

Menlu AS akan Melawat Lagi ke Korea Utara


Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo disambut oleh Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong Ho, dan pejabat tinggi lain setibanya di Bandara International Sunan di Pyongyang, Korea Utara, 6 Juli 2018.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo, akan melawat lagi ke Korea Utara pada Minggu (7/10) untuk menemui pemimpin Kim Jong Un.

Menurut Departemen Luar Negeri Amerika, seperti dikutip oleh kantor berita AFP, lawatan itu terkait harapan AS agar perjanjian nuklir tercapai.

Pengumuman mengenai lawatan itu dikeluarkan beberapa jam sesudah Korea Utara mengatakan pihaknya tidak akan melepaskan senjata nuklirnya sebagai imbalan bagi perjanjian damai.

Pompeo sedang mengusahakan KTT kedua antara Kim dan Trump. Dari Korea Utara, ia melanjutkan perjalanan ke Jepang dan Korea Selatan kemudian sekutu utama Korea Utara, Tiongkok dengan siapa Amerika terlibat pertikaian dagang dan diplomatik yang semakin meningkat.

Ini merupakan lawatan keempat Pompeo ke musuh lama Amerika itu dalam upaya mengakhiri program nuklir dan misil balistik Korea Utara. [al]

XS
SM
MD
LG