Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Kunjungi Qatar, Jerman untuk Diplomasi Afghanistan


Menteri Luar Negeri Antony Blinken berbicara tentang Afghanistan selama konferensi pers di Departemen Luar Negeri, 3 September 2021, di Washington. (Foto: AP)

Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken akan mengunjungi Qatar dan Jerman minggu depan untuk mengadakan pembicaraan dengan sekutu penting Amerika mengenai situasi di Afghanistan.

Kepada wartawan, Jumat (3/9), di Departemen Luar Negeri, Blinken mengatakan, ia akan berangkat pada Minggu (5/9) dan menyatakan "terima kasih yang mendalam" kepada Qatar, pusat pengangkutan udara besar-besaran Amerika dari Kabul dan titik pendaratan pertama bagi ribuan pengungsi Afghanistan.

Diplomat tertinggi Amerika itu mengatakan dia kemudian akan menuju Pangkalan Angkatan Udara Amerika Ramstein di Jerman untuk berterima kasih kepada pasukan Amerika dan bertemu para pengungsi Afghanistan.

Ia juga akan mengetuai pertemuan virtual 20 negara tentang Afghanistan bersama Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas. Kedua puluh negara itu, kata Blinken, "memiliki kepentingan dalam membantu merelokasi dan memukimkan kembali warga Afghanistan dan memegang komitmen Taliban."

Taliban berjanji akan memberi jalan yang aman kepada orang-orang Afghanistan dan warga negara lain yang ingin keluar dari negara itu, tetapi banyak orang Afghanistan meragukan janji itu.

Dalam sambutannya Jumat, Blinken kembali membela keluarnya Amerika dari Afghanistan. Ia mengatakan sejumlah kecil warga Amerika masih berada di negara itu dan Departemen Luar Negeri secara aktif melakukan kontak dengan mereka. [ka/pp]

Lihat komentar (3)

XS
SM
MD
LG