Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Janjikan Kerjasama Anti-Terorisme dengan India


Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj (kanan) berjabat tangan dengan Menlu AS Rex Tillerson di New Delhi, India, Rabu, 25 Oktober 2017.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson menjanjikan kerjasama erat dengan India dalam usaha memerangi terorisme sewaktu melawat ke New Delhi untuk melangsungkan pembicaraan dengan para pejabat India.

Berbicara pada sebuah konperensi pers dengan Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj, Tillerson mengatakan AS telah meningkatkan komitmennya terhadap Afghanistan dan terhadap perdamaian dan kestabilan kawasan Asia Selatan.

"India memainkan peran penting dalam usaha ini,” katanya. “Dalam usaha memerangi terorisme, AS akan terus bahu-membahu dengan India. Tempat-tempat persembunyian teroris tidak akan ditoleransi.”

Jadwal Tillerson hari Rabu (25/10) termasuk pertemuan dengan PM India Narendra Modi.

Tillerson, Selasa, berada di Pakistan, untuk mendesak para pemimpin di sana agar meningkatkan usaha mereka mengonter militansi dan terorisme.

Diplomat tertinggi AS itu memimpin delegasinya dalam pertemuan dengan PM Pakistan Shahid Khaqan Abbasi, Panglima Militer Pakistan JenderalQamar Javed Bajwa, kepala dinas intelijen dan para pejabat tinggi lainnya.

Sebuah pernyataan dari Kedubes AS di Pakistan mengungkapkan, mereka membahas kemitraan dan kerjasama bilateral yang berlanjut dan hubungan ekonomi yang meluas antara Pakistan dan AS.

Pernyataan tersebut juga mengatakan, Menlu AS itu menegaskan kembali pesan Presiden Donald Trump bahwa Pakistan harus meningkatkan usahanya memberantas militan dan teroris yang beroperasi di negara itu.

Untuk mengatasi keprihatinan tersebut, menurut pernyataan itu, Menteri Tillerson menegaskan strategi baru AS di Asia Selatan, dan peran penting yang dapat dimainkan Pakistan untuk memfasilitasi proses perdamaian di Afghanistan yang dapat menciptakan kestabilan dan keamanan di kawasan itu. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG