Tautan-tautan Akses

Menlu AS Desak Pakistan Tingkatkan Upaya Anti-Terorisme


Menlu AS Rex Tillerson (kiri) bertemu PM Pakistan Shahid Khan Abbasi di Islamabad, Pakistan, Selasa (24/10).

Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson melakukan kunjungan perdana ke Pakistan untuk mendesak para pemimpin negara itu untuk meningkatkan upaya melawan militan dan kontra-terorisme.

Tillerson memimpin delegasinya ke pertemuan hari Selasa (24/10) dengan Perdana Menteri Shahid Khaqan Abbasi, Panglima Militer Jendral Qamar Javed Bajwa, kepala badan spionase dan pejabat-pejabat tinggi lainnya.

Departemen Luar Negeri Amerika menyatakan mereka membahas kerjasama dan kemitraan bilateral, memperluas hubungan ekonomi antara Pakistan dan Amerika.

“Menteri Luar Negeri menggarisbawahi pesan Presiden Donald Trump bahwa Pakistan harus meningkatkan upaya-upayanya untuk melawan militan dan teroris yang beroperasi di negara itu,” demikian pernyataan tersebut.

Untuk menyampaikan keprihatinan itu, Menteri Luar Negeri Rex Tillerson menjabarkan strategi baru Amerika di Asia Selatan dan peran penting Pakistan untuk memfasilitasi proses perdamaian di Afghanistan yang bisa membawa kestabilan dan keamanan di kawasan itu.

“Pakistan dan Amerika memiliki kepentingan bersama untuk mewujudkan Afghanistan yang stabil dan damai, mengalahkan ISIS di Asia Selatan, dan memberantas kelompok-kelompok teroris yang mengancam Pakistan dan Amerika,” tambah pernyataan itu mengutip Tillerson ketika berbicara dengan pejabat-pejabat Pakistan tersebut. [em/jm]

XS
SM
MD
LG