Tautan-tautan Akses

Menlu AS: Banyak Bukti Covid-19 Berasal dari Laboratorium Wuhan


Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo hari Minggu (3/5) mengatakan ada “banyak bukti” bahwa pandemi virus corona berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, China, bukan dari pasar lokal di dekatnya; tetapi menolak mengatakan apakah Amerika percaya virus itu telah disebarluaskan secara sengaja.

Pejabat-pejabat intelijen Amerika minggu lalu mengatakan sedang melakukan penyelidikan apakah wabah Covid-19 merupakan hasil paparan dari hewan liar pada manusia atau terjadi secara tidak sengaja di laboratorium Wuhan Institute of Virology.

“Ingat, China memiliki sejarah menyebarluaskan wabah di dunia, mereka punya sejarah mengoperasikan laboratorium-laboratorium di bawah standar keamanan, ujar Pompeo dalam program “This Week” di stasiun televisi ABC. “Ini bukan pertama kalinya mereka membuat dunia terjangkit virus akibat kegagalan di sebuah laboratorium China,” ujarnya.

Diplomat tinggi Amerika itu juga mengatakan “ada keyakinan kuat” bahwa virus itu berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan yang sedang mempelajari virus pada kelelawar. “Ada banyak bukti bahwa ini yang mengawali perebakan itu,” ujar Pompeo.

Ditambahkannya, ia tidak punya alasan untuk meragukan konsensus yang disampaikan komunitas intelijen Amerika bahwa virus itu “bukan buatan manusia atau hasil rekayasa genetika.” Tetapi ia menyalahkan China karena terlambat memberitahu dunia tentang ancaman Covid-19.

Ia mengatakan jumlah orang yang terkena virus corona di seluruh dunia – yang kini mencapai lebih dari 3,4 juta orang, dengan korban meninggal 245.000 orang – tidak akan sebanyak ini jika China tidak “berupaya menyembunyikan atau membingungkan orang.” China memanfaatkan WHO untuk memperkuat sikapnya itu, kata Pompeo.

Lembaga Virologi di Wuhan, provinsi Hubei, China.
Lembaga Virologi di Wuhan, provinsi Hubei, China.

“Kami dapat mengukuhkan bahwa Partai Komunis China melakukan apapun untuk memastikan supaya dunia tidak mengetahui apa yang terjadi,” ujar Pompeo. “Ada banyak bukti tentang itu.”

Pompeo mengatakan para ilmuwan Amerika dan internasional tidak diijinkan mengunjungi laboratorium di Wuhan itu, dan China tidak memberikan contoh atau sampel virus yang sesungguhnya. [em/ii]

XS
SM
MD
LG