Tautan-tautan Akses

Menlu AS Khawatir dengan Keamanan Laboratorium Virologi di China


Institut Virologi Wuhan. (Foto:AFP)

Presiden Donald Trump mengungkapkan ketidaksenangan terhadap China dan telah meminta badan intelijen AS untuk menyelidiki asal-usul Covid-19 di Wuhan, China.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan, dunia berhak untuk melakukan penyelidikan dan AS juga khawatir tentang laboratorium lain di seluruh China yang melakukan penelitian tentang patogen menular dengan tingkat keamanan yang tidak diketahui.

Presiden Donald Trump menambahkan: "Mereka seharusnya bisa menghentikan dari sumbernya. Mereka seharusnya tidak membiarkan pesawat terbang keluar dan menerbangkan banyak orang ke luar negeri."

Para pemimpin China mengatakan keinginan mereka untuk transparan dan bermitra dengan Amerika untuk melawan virus mematikan itu.

Namun Menlu AS Mike Pompeo mengatakan Partai Komunis China masih menyembunyikan informasi dan menolak akses ke laboratoriumnya.

Pompeo Pompeo menambahkan: "Kami masih belum mendapat akses, dunia belum mendapat akses ke WIV (Institut Virologi) di sana. Kami tidak tahu persis dari mana virus ini berasal. Ada beberapa laboratorium yang terus melakukan penelitian"

Media pemerintah China mengecam Pompeo, serta Australia, dan negara-negara lain karena meminta penyelidikan tentang bagaimana virus itu mulai dan merebak di seluruh dunia, dengan mengatakan negara-negara itu memakai virus untuk secara tidak adil menodai reputasi China.

Menanggapi hal itu Pompeo mengatakan, “Siapa di dunia ini yang tidak menginginkan adanya penyelidikan tentang bagaimana virus ini merebak ke seluruh dunia?”

Ditanya tentang tuntutan dari sejumlah pihak agar China bertanggungjawab atas kematian puluhan ribu orang akibat virus corona dan dampak ekonominya, Pompeo mengatakan ada saat yang tepat untuk menentukan hal itu nanti. [ps/ft]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG