Tautan-tautan Akses

Menlu AS akan Melawat ke Ukraina


Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika, Rex Tillerson akan melakukan lawatan resmi pertama ke Ukraina pekan depan setelah mendampingi Presiden Donald Trump di KTT G-20, demikian pernyataan Departemen Luar Negeri Amerika, Rabu (5/7).

Tillerson akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina Petro Poroshenko dan “para reformis muda” dari pihak pemerintah dan masyarakat madani pada tanggal 9 Juli.

“Menteri Luar Negeri akan menegaskan kembali komitmen Amerika atas kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, sambil mendorong pemerintah Ukraina untuk terus mewujudkan reformasi yang akan memperkuat ekonomi, politik dan ketahanan milliliter Ukraina,” tambah pernyataan itu.

Presiden Trump bulan lalu menjamu mitranya dari Ukraina di Gedung Putih, setelah Departemen Keuangan Amerika mengumumkan tambahan sanksi terhadap Rusia, kelompok separatis pro-Rusia di Ukraina Timur, juga individu dan perusahaan yang terkait dengan mereka.

Peningkatan sanksi itu merupakan tanggapan atas dukungan berkelanjutan Rusia terhadap pemberontak pro-Rusia di Ukraina Timur. [em/jm]

XS
SM
MD
LG