Tautan-tautan Akses

Menlu AS Tillerson Hadiri G-20 di Jerman


Menlu AS Rex Tillerson (dua dari kiri), Menlu Rusia Sergei Lavrov (tiga dari kanan) dan para Menlu negara-negara G-20 menghadiri KTT di Bonn, Jerman, 16 Februari 2017. (AP Photo/ Brendan Smialowski, Pool).

Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson akan turut dalam pembicaraan utama internasional yang pertama hari Kamis (16/2), dengan para menteri luar negeri dari negara-negara G-20 di Jerman.

Jadwal Tillerson mencakup sejumlah pertemuan dengan beberapa menteri secara perorangan, termasuk dari Inggris, Turki, Italia, Korea Selatan, Jepang dan Brazil.

Pertemuannya yang paling banyak diberitakan di luar pembicaraan G-20 itu sendiri adalah dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Atasan Tillerson, Presiden Amerika Donald Trump, telah menggagas visi kebijakan luar negeri yang memprioritaskan kepentingan Amerika, terutama dalam perdagangan.

Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir mengatakan sebelum pertemuan dengan Tillerson bahwa negaranya sangat menunggu bekerjasama dengan pemerintahan Trump “mengenai semua isu” dan optimistis untuk mengatasi banyak tantangan di Timur Tengah.

Seorang pejabat Amerika mengatakan sebelum kunjungan Tillerson bahwa mantan CEO Exxon Mobil itu akan menggunakan pertemuan-pertemuan itu untuk mendengarkan para pejabat negara-negara lain. [gp]

XS
SM
MD
LG