Tautan-tautan Akses

Menkeu AS Berjanji Tingkatkan Kerja Sama Transatlantik


Menteri Keuangan Janet Yellen berbicara dalam pertemuan virtual untuk membahas Rencana Penyelamatan Amerika, 5 Februari 2021. (Foto: AP)
Menteri Keuangan Janet Yellen berbicara dalam pertemuan virtual untuk membahas Rencana Penyelamatan Amerika, 5 Februari 2021. (Foto: AP)

Menteri Keuangan Janet Yellen menekankan pentingnya kerja sama dengan Uni Eropa dalam pembicaraan dengan wakil presiden Komisi Eropa untuk ekonomi, Valdis Dombrovskis, Selasa (16/2), kata Departemen Keuangan Amerika.

Sebelumnya pada Selasa (16/2), Yellen dalam percakapan dengan Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde juga menggarisbawahi cara memperdalam kerja sama transatlantik dalam masalah ekonomi dan keuangan.

Dalam diskusinya dengan eksekutif Uni Eropa, sebagaimana dilansir dari Reuters, Yellen menekankan pentingnya kemitraan transatlantik dan mengatakan bahwa dia akan bekerja sama lebih erat dengan Uni Eropa untuk mengatasi tantangan utama, termasuk "mengakhiri pandemi, mendukung pemulihan ekonomi global yang kuat, memerangi ketimpangan pendapatan, dan dengan tegas menangani ancaman perubahan iklim," kata Departemen Keuangan.

Dikatakan, Yellen berkomitmen kembali terlibat dalam diskusi perpajakan internasional guna menjalin kesepakatan internasional yang tepat waktu, dan mencari solusi bagi isu-isu perdagangan bilateral utama.

Pemerintahan Biden sedang berusaha membina lagi hubungan dengan sekutu Eropa dalam semua lini setelah hubungan itu retak yang menjadi ciri kepresidenan Donald Trump, dan ingin bekerja sama untuk melawan apa yang disebut Yellen sebagai "praktik China yang kejam, tidak adil, dan ilegal."[ka/ft]

XS
SM
MD
LG