Tautan-tautan Akses

Menhan Iran: Pemimpin Tertinggi Perintahkan Pelonggaran Ekonomi


Presiden Iran Hassan Rouhani pada rapat kabinet di Teheran, 31 Desember 2017. Setelah protes ekonomi di berbagai kota besar Iran, Presiden Rouhani mengatakan pada hari Minggu (21/1) bahwa rakyat berhak untuk protes, tapi demo tersebut seharusnya "tidak mengancam hidup dan keamanan rakyat banyak."

Menteri Pertahanan Iran mengatakan pemimpin tertinggi telah memerintahkan Pengawal Revolusioner melonggarkan pengendaliannya pada ekonomi.

Komentar akhir pekan oleh Menteri Pertahanan Jenderal Amir Hatamai tampaknya merupakan percobaan untuk mengetes reaksi atas gagasan itu, yang sudah lama dianjurkan oleh Presiden Iran yang cukup moderat Hassan Rouhani. Komentar tersebut juga dikeluarkan setelah protes atas ekonomi yang buruk negara itu yang meruncing menjadi demonstrasi yang langsung menantang pemerintah.

Tetapi apakah Pengawal Revolusioner itu sendiri akan menyetujuinya masih merupakan pertanyaan sama sekali, karena organisasi tersebut ditaksir menguasai kira-kira sepertiga dari seluruh ekonomi Iran.

Hatami mengeluarkan komentar tersebut dalam wawancara yang dimuat hari Sabtu oleh suratkabar pemerintah Iran. Pengawal Revolusioner belum mengakui perintah pemimpin tertinggi itu dalam suratkabar mereka sendiri, dan kantor Khatami juga belum mengukuhkannya. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG