Tautan-tautan Akses

Harga Minyak Mentah Tertinggi dalam 30 Bulan 


Tangki-tangki penyimpanan minyak mentah di Weld County, negara bagian Colorado, AS (foto: ilustrasi).

Harga minyak mentah mencapai level tertinggi dalam 30-bulan minggu ini. Namun, kantor pemerintah Amerika, Badan Informasi Energi memprediksi harga minyak mentah Amerika akan stabil menjadi sekitar 55 dolar per barel untuk West Texas Crude dan 60 dolar per barel untuk Brent Crude, dengan harga sedikit lebih tinggi bagi keduanya di tahun 2019.

Harga minyak mentah belum pernah setinggi ini sejak 2015 - naik 13 persen sejak bulan Desember. Tapi kantor Amerika yang mengumpulkan statistik energi mengatakan harga minyak tampaknya sedang-sedang saja karena persediaan global melebihi permintaan.

Kontributor Fox Business Network Phil Flynn, yang menulis Laporan Energi berpendapat sebaliknya.

"Saya kira kita berada di pasar baru untuk minyak dimana harga minyak akan naik, kita akan mencapai rata-rata 65 dolar per barel, namun menurut saya kita bisa menjualnya sampai 70 dolar per barel," ujar Flynn.

Badan Informasi Energi mengatakan cuaca yang mendadak dingin belakangan ini mungkin ikut menyebabkan harga minyak naik. Tapi Flynn mengatakan keputusan negara-negara anggota OPEC untuk memperpanjang pemangkasan produksi, penurunan persediaan Amerika dan meningkatnya ketegangan di negara-negara produsen minyak seperti Iran - akan menyebabkan harga naik.

"Masa kelebihan minyak sudah berlalu. Persediaan yang sebelumnya di atas rata-rata sekarang rata-rata atau di bawah rata-rata, dan kemungkinan harganya akan di bawah rata-rata, sehingga gangguan di manapun di dunia akan menjadi penyebab harga minyak naik," tambahnya.

Pada acara tahunan American Petroleum Institute, pimpinan API Jack Girard memperingatkan pembatalan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara/NAFTA yang sudah berlangsung selama lebih dari dua dekade dengan Kanada dan Meksiko bisa mengganggu rantai pasokan minyak.

"Jadi dari sudut pandang kita, pendekatan pertama adalah tidak mengancamnya. Jika berjalan baik jangan diubah. Jika ada cara untuk memperbaikinya, kita semua akan mendengarkan. Mari kita bicara," tukas Girard.

Mengingat potensi gangguan dan kenaikan permintaan - Flynn mengatakan akan bijaksana bagi para produsen minyak untuk meningkatkan investasi dan eksplorasi sementara bagi pengendara kendaraan bermotor bersiap-siap menghadapi kenaikan harga minyak. [my/al]

XS
SM
MD
LG