Tautan-tautan Akses

Menhan AS Gates Perkirakan “Perang Sengit” di Afghanistan


Gates kepada wartawan hari Senin memuji sejumlah keberhasilan NATO, termasuk merebut kota Marjah, Afghanistan Selatan yang tadinya dikuasai Taliban.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates yang berada di Kabul mengatakan pasukan Afghanistan dan koalisi akan menghadapi “pertempuran sengit“ di masa depan.

Gates kepada wartawan hari Senin memuji sejumlah keberhasilan NATO, termasuk merebut kota Marjah, Afghanistan Selatan yang tadinya dikuasai Taliban. Namun ketika ditanya, apakah ofensif di Marjah dan penangkapan sejumlah tokoh senior Taliban di Pakistan memberi dampak dalam medan pertempuran Afghanistan, ia menegaskan agar “ jangan terlalu banyak berspekulasi” mengenai perkembangan-perkembangan terbaru dan memperingatkan adanya “ hari-hari yang sulit” di hadapan.

Tambah Gates, secara keseluruhan situasi di Afghanistan masih genting namun sudah tidak memburuk lagi.

Komandan Pasukan Koalisi di Afghanistan, Jenderal Amerika Stanley McChrystal mengatakan pasukan koalisi di Afghanistan Selatan secara bertahap akan bergerak merebut Kandahar, kota penting di Afghanistan Selatan yang menjadi basis tradisional Taliban.

XS
SM
MD
LG