Tautan-tautan Akses

Presiden Karzai Kunjungi Marjah yang Dikuasai Pasukan Koalisi


Karzai bertemu dengan kira-kira 300 tokoh masyarakat desa di sebuah masjid dan meminta mereka untuk mendukung pemerintah.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengadakan kunjungan mendadak hari Minggu ke Marjah, markas Taliban yang direbut oleh pasukan Amerika, Inggris dan Afghanistan belum lama ini.

Karzai bertemu dengan kira-kira 300 tokoh masyarakat desa di sebuah masjid dan minta pada mereka untuk mendukung pemerintah dengan imbalan akan diberi bantuan rekonstruksi dan jaminan keamanan.

Pemimpin desa itu menyampaikan keluhan mereka kepada Karzai tentang buruknya kehidupan mereka, tentang tingkah laku pasukan asing serta jatuhnya korban pihak sipil dan tentang korupsi yang dilakukan pejabat pemerintah.

Karzai ditemani oleh komandan pasukan NATO di Afghanistan, Jenderal Amerika Stanley McChrystal dalam pertemuan itu, tapi McChrystal tidak berbicara secara resmi dalam pertemuan yang berlangsung dua jam.

Pejabat NATO mengumumkan hari Minggu bahwa tiga orang pasukan sekutu tewas dalam serangan terpisah di bagian Selatan dan Timur Afghanistan. Pejabat Afghanistan mengatakan, 50 orang tewas dalam pertempuran antara kelompok-kelompok militan bersenjata, yaitu kelompok Taliban dan kelompok Hezb-i-Islami. Hezb-i-Islami adalah milisi yang setia kepada mantan Perdana Menteri Afghanistan Gulbuddin Hekmatyar.

XS
SM
MD
LG