Tautan-tautan Akses

Mantan Utusan PBB: Penangkapan Taliban Gagalkan Perundingan Rahasia


Kai Eide, mengecam Pakistan karena penangkapan pimpinan Taliban itu menghentikan perundingan rahasia antara PBB dan Taliban.

Mantan utusan PBB untuk Afghanistan, Kai Eide, mengecam Pakistan karena menangkap beberapa pimpinan Taliban dengan mengatakan, langkah itu menghentikan perundingan rahasia antara PBB dan Taliban.

Kai Eide, diplomat Norwegia, kepada wartawan mengatakan ia berkomunikasi dengan para anggota senior Taliban secara langsung maupun melalui pesan-pesan tertulis, sejak setahun lalu.

Eide, yang baru saja mundur dari jabatannya di PBB, kepada kantor berita Associated Press mengatakan, terjadi peningkatan intensitas kontak antara dia dan Taliban. Namun, Eide menambahkan, semua komunikasi itu terhenti setelah Pakistan menangkap tokoh-tokoh senior Taliban, termasuk pimpinan nomor dua kelompok itu, Mullah Abdul Ghani Baradar, bulan lalu.

Komentar yang disiarkan hari Jumat itu adalah pengakuan Eide pertama secara terbuka bahwa ia melakukan kontak langsung dengan Taliban.

Pemerintah Pakistan hari Jumat menyatakan penangkapan Baradar bulan Februari merupakan bagian dari operasi gabungan dengan Amerika, dan tidak terkait perundingan rekonsiliasi dengan Taliban.

XS
SM
MD
LG