Tautan-tautan Akses

Mencari Universitas Terbaik di AS


Seseorang berjalan melewati Gedung Sekolah Tinggi Seni Rupa di kampus Universitas Carnegie Mellon di Pittsburgh, Jumat, 7 Juni 2019. (Foto: AP / Gene J. Puskar)

Bagi banyak orang, belajar di perguruan tinggi Amerika masih dianggap sebagai suatu hal yang bisa menunjang karir mereka. Coba saja lihat latar belakang pejabat yang ikut dalam pemerintahan Indonesia yang sekarang ataupun yang dulu. Lalu dimana universitas terbaik di Amerika Serikat?

Majalah berita US News and World Report menerbitkan daftar 10 negara bagian dengan mutu pendidikan dan lingkungan terbaik untuk belajar pada tingkat perguruan tinggi.

Berikut ini adalah 10 negara bagian itu, dimulai dari yang paling bawah.

Negara bagian Utah, di barat Amerika penduduknya hanya 3,1 juta orang, dan sekitar 44 persen dari mereka tamatan universitas. Utah dengan ibukota Salt Lake City juga adalah markas kelompok Kristen yang beraliran Mormon. Di negara bagian ini juga terdapat danau air asin yang terbesar di belahan bumi bagian barat, dan karena itulah ibukotanya bernama Salt Lake City.

Kalau terdaftar sebagai penduduk negara bagian itu, ongkos kuliahnya cukup murah, hanya AS$6.334 per tahun.

Satu tingkat diatas Utah adalah negara bagian Iowa, di barat-tengah Amerika. Jumlah penduduknya juga sekitar tiga juta orang, dan 41 persen warganya tamatan perguruan tinggi. Terkenal dengan industri pertanian, Iowa adalah penghasil daging babi paling besar di Amerika, disusul daging sapi dan daging ayam. Ongkos kuliahnya AS$8.361 per tahun.

Pada peringkat ke-8 adalah negara bagian Vermont, di pantai timur Amerika. Sekitar 47 persen penduduknya yang berjumlah 623 ribu orang itu tamat universitas. Ongkos kuliah per tahun AS$32.443 per tahun.

Naik satu tingkat lagi, pada nomor tujuh adalah negara bagian Virginia, dimana 46 persen dari 8,4 juta penduduknya punya gelar universitas. Virginia terkenal sebagai tempat permukiman pertama orang-orang Inggris yang tiba di benua Amerika tahun 1607. Ongkos kuliah disini AS$12.126 dollar per tahun, lebih murah dari di negara bagian Vermont.

Para mahasiswa berjalan di dekat Perpustakaan Widener di Universitas Harvard di Cambridge, Massachusetts, 13 Agustus 2019. (Foto: AP)
Para mahasiswa berjalan di dekat Perpustakaan Widener di Universitas Harvard di Cambridge, Massachusetts, 13 Agustus 2019. (Foto: AP)

Pada nomor enam adalah negara bagian Nebraska, yang terletak di bagian tengah Amerika, dengan jumlah penduduk 1,9 juta orang, dan 42 persen dari mereka punya ijazah perguruan tinggi. Terkenal karena peternakan sapi dan penghasil jagung yang besar. Salah seorang paling kaya di Amerika, Warren Buffet berasal dari kota Omaha.

Pada anak tangga ke-5 adalah negara bagian New Hampshire di timur laut Amerika, dimana 47,2 persen penduduknya yang berjumlah 1,3 juta orang berpendidikan universitas. Ongkos kuliah AS$15.491 per tahun. New Hampshire adalah salah satu negara bagian terkecil di Amerika dan terkenal sebagai negara bagian pertama yang mengadakan pemilihan pendahuluan presiden Amerika tiap empat tahun.

Nomor empat adalah negara bagian Washington, di barat laut Amerika, dan berbatasan dengan negara bagian British Columbia di Kanada. Terkenal sebagai markas perusahaan antariksa Boeing, tempat lahir warung kopi Starbucks dan penghasil 70 persen apel yang dimakan warga Amerika. Ongkos kuliahnya juga murah, AS$6.900 per tahun.

Pada peringkat ke-tiga adalah negara bagian Florida, yang berpenduduk 20,9 juta orang, dimana 40 persen darinya berpendidikan perguruan tinggi. Ongkos kuliah lebih murah lagi, yaitu hanya AS$4.435 per tahun.

Sementara negara bagian berperingkat kedua adalah New Jersey. Terletak di pantai timur Amerika, negara bagian tersebut memiliki sembilan juta orang penduduk. New Jersey terkenal karena universitasnya yang bergengsi dan markas besar perusahaan teknologi dan biologi. Lebih dari 5.000 perusahaan informasi dan teknologi berkantor di negara bagian ini. Ongkos kuliahnya AS$13.297 per tahun.

Dan paling atas atau nomor satu adalah negara bagian Massachusetts, di pantai timur Amerika. Jumlah penduduknya mencapai 6,8 juta orang, dan 51 persen memiliki ijazah diploma universitas. Pendidikan dan layanan kesehatan merupakan industri besar di Massachusetts. Ongkos kuliahnya AS$12.331 per tahun. [ii]

XS
SM
MD
LG