Tautan-tautan Akses

Membuka Jalur Kereta Api Pos Bersejarah di London


Seorang pekerja museum duduk di kereta api yang di jalur kereta api pos di stasiun bawah tanah Kantor Sortir Mount Pleasant di London, Britain, 7 Agustus 2017.

Jauh di bawah jalan-jalan yang ramai di London, sebuah teknologi komunikasi yang sebelumnya pernah berperan penting, akan segera dihidupkan setelah bertahun-tahun tidak digunakan - sebuah kereta api.

Kereta api beroperasi pada jalur "rel surat" - jalur kereta bawah tanah 6,4 mil yang pernah membawa surat dan paket-paket kiriman dari 70 kaki di bawah tanah. Jalur ini melayani kantor-kantor penyortiran di sisi timur dan barat kota 22 jam setiap harinya.

Jalur, yang dimulai pada tahun 1915, berhenti beroperasi pada tahun 2003. Proyek ini akan dibuka untuk umum bulan depan sebagai objek wisata, bagian dari Museum Pos baru di distrik Clerkenwell pada kota tersebut.

"Rel surat awalnya muncul karena pengiriman surat di London selalu tertunda akibat kemacetan di jalanan atas kita," kata Adrian Steel, direktur Museum Pos dan surat pos, kepada Reuters.

Pengunjung sekarang dapat mengendarai salah satu jalur lama di kereta api khusus yang dibangun, dan menjelajahi sebuah depot teknik yang memutar ruang pameran.

"Salah satu pekerjaan terbesar yang kami miliki adalah menemukan cara untuk membawa orang-orang melalui terowongan sempit yang memang bukan untuk dilewati orang dengan senyaman mungkin atau tidak berbahaya," kata Steel.

Terlepas dari peran mereka dalam mengantarkan surat, terowongan-terowongan memainkan peran penting selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Pembangunan jalur tersebut dihentikan saat perang pecah dan ruang tersebut malah digunakan untuk menyimpan artefak berharga, dan sangat bergantung untuk menghindari gangguan pengiriman surat selama ledakan Perang Dunia II.

Selain sejarahnya yang unik, aspek lain dari jalur rel surat memisahkannya dari jalur kereta bawah tanah London lainnya – jalur ini bebas tikus.

"Ini adalah terminal bebas hewan pengerat dan tidak biasanya di bawah London," kata Steel. "Karena tidak ada orang di kereta api, tidak ada makanan untuk tikus-tikus."

Kereta api pos di Museum Pos London dibuka untuk pengunjung pada 4 September.

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG